Macam-Macam Tema dalam Desain Grafis

Dalam Kegiatan Mendesain terkadang kita kesulitan dalam merangkai warna, menambahkan bentuk objek, atau memuat konten-konten, hal itu sering terjadi apabila kita lupa atau tidak menentukan tema pada desain yang sedang kita buat, berikut ini beberapa referensi tema dalam melakukan kegiatan desain grafis :
1. Casual
Desain bertema Casual memiliki tingkat kesulitan yang tidak begitu tinggi, desai jenis ini mengutamakan penggunaan warna yang memiliki perbandingan kontras yang tinggi antar elemennya, selain itu yang menjadi ciri khas utama desain jenis ini adalah penggunaan vector kagiatan sehari-hari, seperti contoh dibawah ini anda dapat melihat lebih detail mengenai tema ini, tentunya jika anda telah melihatnya dengan seksama maka akan mudah membedakan dan memberikan inspirasi pada anda untuk membuat desain bertema Casual ini.


Casual Design Themes

2. Futuristic
Desain dengan tema futuristic tidak terlalu membutuhkan skill yang tinggi akan tetapi membutuhkan ketelitian dan artistik tersendiri dalam menempatkan objek-objeknya sehingga terkesan objek yang di tambahkan pada desain ini terlihat lebih cangih seperti benda-benda yang diprediksi muncul dimasa yang akan datang. dalam pengaturan warnanya desain ini identik dengan perpaduan warna yang lembut, tidak terlalu kontras, berikut ini contoh-contoh desain futuristic.

Futuristic Design Themes

3. Modern
Untuk membuat desain bertema modern ini memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi karena membutuhkan efek-efek editing yang lumayan sulit dalam pengerjaannya. biasanya hasil editing tersebut digunakan untuk background, tetapi dalam beberapa sample ada juga yang menambahkan efek editing pada objek, tentunya dalam meletakkan objek-objek tersebut membutuhkan ketelitian dan artistik tersendiri agar dapat tercipta hasil karya yang sesuai dengan tema modern ini, berikut ini contoh desain bertema modern.

Modern Design Themes

4. Natural
Desain bertema natural memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu tinggi, desain bertema ini memiliki ciri khas penggunaan objek-objek alam, seperti batu, daun, awan, air, dan sebagainya, objek-objek tersebut dapat digunakan sebagai background, bingkai gambar, atau vector, dalam pemilihan warnanya juga biasanya menggunakan warna-warna yang sesuai dengan objek alam yang ditampilkan. berikut ini contoh gambar bertema natural.

Natural Design Themes

5. Simple / Sederhana
Desain bertema Simple atau Sederhana memiliki tingkat kesulitan yang mudah dalam pengerjaanya ciri khas tema ini yaitu penggunaan shape atau bidang yang variatif namun tidak perlu terlalu rumit, akan tetapi untuk membuat desain ini terlihat menarik tentunya memerlukan kejelian dan artistik tersendiri dalam meletakkan bidang-bidang tersebut, dalam pemilihan warna biasanya hanya beberapa warna yang dikombinasikan dengan warna dasar putih atau hitam. berikut ini contoh desain Simple/Sederhana.

Simple Design Themes
 
6. Vintage
Desain bertema Vintage memiliki tingkat kesulitan yang relatif tinggi, ciri khas desain ini antara lain penggunaan ornamen-ornamen klasik tentunya untuk membuat ornamen-ornamen tersebut membutuhkan skill yang lumayan tinggi, dan juga pemilihan efek-efek warna yang terkesan klasik, seperti sephia, grayscale dan sejenisnya tentunya membutuhkan ketelitian dalam penggunaan warna tersebut agar karya yang dihasilkan terkesan hidup dan menarik, berikut ini contoh desain Vintage.

Vintage Design Themes


Sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat
Apabila ada kritik dan saran silakan posting melalui kolom komenter dibawah ini

2 comments

Welcome

Register to our blog

Connected with other people sharing content and get updates everyone post here

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!